Friday, June 14, 2013

cara memperbaiki tinta printer macet pada canon ip 2770


OK kali ini saya akan berbagi pengalaman dan tips menarik seputar teknologi. Teknologi di sini yang saya maksud adalah penggunaan tinta infus pada printer. Kebetulan beberapa bulan yang lalu saya membeli printer baru yaitu Printer Canon iP2770 menggunakan tinta infus dari Acaciana. Dengan pertimbangan harga terjangkau dan banyak pengguna yang puas dengan printer ini. Namun baru saja saya mengalami peristiwa yang paling ditakuti para infuser ( penggemar printer infus. hehe ) yaitu macetnya tinta printer pada selang infus karena terdapat rongga udara baik itu panjang atau putus - putus di antara selang. Waduh pada awalnya saya shock setengah mati, tapi akhirnya ketemu solusinya juga. Mungkin penyebabnya berbeda - beda bagi para infuser, tapi ini kira - kira menurut saya kenapa printernya koq bisa ngadat :
  1. Belum mengetahui cara kerja, penggunaan, serta perawatan printer infus
  2. Jarang menggunakan printer, printer tidak bekerja hingga berhari - hari
  3. Tidak melakukan perawatan secara berkala
  4. Melakukan penanganan kerusakan secara ngasal :p ( sebelumnya saya juga pernah mengalami peristiwa konyol mengenai poin yang ini)

Canon  iP2770 Infus Accasiana

OK langsung aja ke rincian permasalahan yang saya hadapin. Printer saya sesuai spesifikasi di atas mengalami masalah pada selang infus tinta kuning yaitu terdapat udara pada selang sekitar ± 15cm dari  cartridge. Namun untuk selang lainnya normal tidak ada udara sama sekali. Udah saya cleaning dan deep cleaning berkali - kali tinta kuning tidak bergerak, akhirnya setelah berkali - kali digunakan untuk test warna akhirnya tinta kuning habis alias tidak mengeluarkan warna sama sekali. Padahal saya sudah mencoba untuk membuka atau metutup lubang udara pada tanki tinta saat cleaning. Keluar deh jurus andalan, langsung aja buka mbah google dan pasebook untuk nyari informasi, dan inilah hasil polling cara penanganan dari temen - temen saya untuk kasus yang saya hadapi :
  1. Dibawa ke tukang servis atau dimana printer dulunya dibeli
  2. Menggunakan fasilitas printer itu sendiri dengan menggunakan cleaning atau deep cleaning
  3. Melakukan bedah hardware pada printer ( akan dibahas lebih detail dibawah ini..)
Weits tapi tunggu dulu, kalau gak parah - parah amat bisa kita tangani sendiri kok. Boleh nyoba sendiri, biar dapet pengalaman memperbaiki . hehe.. Tapi perhatiin juga ya tingkat permasalahan ama kasus yang dihadapi. Untuk mempermudah penangan pada masalah infus printer sudah saya kelompokan menjadi tiga tingkat kesulitan yaitu easy, medium, dan hard ( kaya' di game2 aja.. ) Tapi sebelum kesana yuk kita siapin alat - alat ma bahan apa yang dipersiapin untuk semuanya. Ini dia alat yang perlu disiapin..
  1. Kertas Tisu Kering
  2. Kertas HVS kosong
  3. Klip Penjepit kertas
  4. Suntikan Tinta + Jarumnya
  5. Lem UHU atau malam
  6. Cadangan Tinta dan Botol Tinta
Yup itu dia alat - alat yang dibutuhkan untuk penangan masalah pada sistem infus. Dah siap?? Ini dia kategori permasalan menurut tingkat kesulitannya :
Kategori Easy
  • Indikasi dan kondisi infus: Hasil Print tidak jelas atau putus - putus, warna tertentu pudar, hasil terlihat miring atau tidak menyambung, kondisi tinta infus selang normal tidak ada udara atau terdapat rongga udara pada selang sepanjang 1 - 4 cm dari cartridges
  • Cara penanganan : lakukan print test terlebih dahulu, lihat hasilnya jika sudah baik tidak usah lakukan service, kalau hasil kurang sempurna lakukan cleaning ringan, kemudian test print lagi, jika hasil masih kurang bagus lakukan deep cleaning, kemudian lakukan testprint lagi.
  • Kondisi selang infus : secara umum tinta akan tersedot ke dalam cartridges jika dilakukan cleaning, pada kondisi normal maka tidak akan ada udara di sepanjang selang, namun jika semulanya ada udara harusnya sudah kembali normal jika dicleaning
Apabila setelah dilakukan langkah - langkah sesuai penanganan di atas tetep tidak bisa dan kondisi tinta infus normal, mungkin saja ada masalah dengan cartridgesnya atau ada kerusakan, saran saya untuk yang ini mending ke tukang service aja atau misalkan masih ada garansi pergi ke toko asal saja  tuker yang baru. hehehe..
Kategori Medium
  • Indikasi dan kondisi infus : Hasil print bisa saja sama seperti kategory easy, bahkan warna tertentu tidak bisa keluar sama sekali, kondisi selang infus terdapat rongga udara lebih dari 5 cm dari cartridges atau terdapat rongga udara kecil - kecil pada selang infus
  • Cara penanganan : jangan lupa sebelumnya lakukan dulu langkah - langkah penanganan seperti Kategori Easy, jika masih tidak bisa langkah selanjutnya siapkan suntikan tinta (tanpa jarum) kemudian buka tabung tutup tabung tinta yang kecil pada warna yang bermasalah. Masukan ujung suntikan ke dalam lubang tabung sehingga kondisi vacum. Untuk pengamanan jepit dulu selang dengan penjepit kertas. Kemudian buka cartridges dan cabut selang infus yang bermasalah kemudian letakkan tisu di ujung selang, penjepit kertas dibuka, kemudian pelan - pelan suntikan ditekan sehingga rongga pada selang infus hilang. Setelah itu masukan  lagi selang infus ke dalam cartridges.
  • Kondisi selang infus : infus yang tadinya berongga akan terdorong keluar dengan penekanan dari suntikan, sehingga selang akan normal kembali. Perlu diingat ketika memasukkan kembali dalam cartridges pastikan selang sudah normal tidak ada rongga.
Posisi Suntikan Infus
cartridges ip 2770
Jika hasil tidak ada perubahan atau sama saja dan gak mau repot, solusinya bawa saja ke tukang service seperti saran saya di awal, tapi kalau masih semangat bongkar - bongkar yuk masuk ke tingkat penanganan Kondisi Hard :p ( Ganbate, berjuang...)
Kategori Hard
  • Indikasi dan kondisi infus : Hasil print bisa saja sama seperti Kategori Medium atau lebih parah, bahkan untuk beberapa warna sekaligus tidak bisa keluar sama sekali.
  • Cara penangann : jika sudah dilakukan seperti penanganan Kategori Medium coba ditambah dengan ini, ketika selang infus pada cartridges dicabut masukan dulu sedikit tinta ke dalam lubang cartridges dengan suntikan tinta (dengan jarum suntik). Setelah itu masukkan kembali selang infus yang sudah normal ke cartridges kemudian disekitar lubang silakan diberi malam atau lem UHU agar kondisinya vacum.
  • Kondisi selang infus : kondisi selang hampir sama seperti Kategori Medium, namun disela - sela cartridges mungkin ada rongga udara sehingga perlu dikembalikan ke kondosi vacum. Dengan menggunakan malam atau lem akan menghabat udara yang masuk ke dalam cartridge.
sekian artikel dari saya
trimakasih



42 comments:

  1. wah makasih tips dan sarannya, memang sangat menjengkelkan kalo pada saat mem print tiba tiba ada saja masalah, padahal kita mau print buru-buru..

    ReplyDelete
  2. TQ BANGET GAN SANGANT BERMANFAAT

    ReplyDelete
  3. mas kalo tempat tintah hitam nya gk mau keluar gimana solusinya, print saya merk ip 2770 juga

    ReplyDelete
  4. Terima kasih infonya, nyari-nyari ternyata mampir disini...

    ReplyDelete
  5. Salam.
    Mas aku punya printer canon ip 2770,
    normalnya kalo di test print, muncul 4 warna dengan kode BK, CC MM YY.
    nah skr ada masalah di kartrd warnanya, kalo di test print bagian YY yang muncul cuma yeloow yang tipis, sedangkan yellow yang tebal lenyap.
    begitu juga kalo ngeprint gambar, kehilangan warna yellow. padahal kartrid bagian Yellow masih full.
    kartrid ku ini sudah kondisi refill.
    knp ya mas, apa printerku error , atau kartridnya ?
    makasi mas sebelumx.

    ReplyDelete
  6. hi kk semuanya ^_^ kunjungi juga ya blog lina di Penivagi ditunggu ^_^

    ReplyDelete
  7. ahh,, ribet pake infus,, kadang udah lah macet,, sering error2 lagi :3

    ReplyDelete
  8. johanes @ coba anda pakai tisu lalu mata catrigh warna anda gosok di selembar tisu tersebut lalu kalau ke 3 warna tersebut ,merah , biru ,kuning keluar secara bersamaan berarti perinter agan yang rusak
    tpi seperti pnya saya juga kasus anda ne
    atw itu bisa jadi catrigh ny yang rusak ke mungkinan pembacaan penulisan catrrigh oleh windows tidah di baca
    coba ganti lagi catrigh ny
    klau tidak pinjem pnya teman lalu coba catright teman nya

    ReplyDelete
  9. Mas saya mau tanya, printer saya masih baru, tapi kok gak bisa untuk ngeprint ya? Gak jalan gitu printernya

    ReplyDelete
  10. terima kasih sharing ilmunya, salam kenal :)

    ReplyDelete
  11. terima kasih atas petunjukknya gan, bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  12. rendam cartridges dg air mendidih di cangkir setinggi setengah cartridges

    ReplyDelete
  13. Terimakasih mas atas Postingannya sangat bermanfaat bagisaya
    oh ya mas kalo untuk mengatasi printer error dengan ketentuan error 5B00 bagaimana ya mas maaf masih pemula
    mohon solusi di tunggu mas ya balesannya

    By.Google Apk Center

    Saya tunggu Balesannya Di Google Apk center

    ReplyDelete
  14. thank's gan ilmunya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  15. Kalau saya lihat saean diatas, gk ada bedanya.. kalau pada akhirnya dibawa ke tukang , itu bukan solusi.. semua org juga kalo rusak printernya juga bakal kesana. Goblok!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan ikuti tutorial bagi yang mau mencoba jika sudah nyerah maka bawa ke tukang servis

      Delete
  16. Kalo grisnya bergelombang cara betulin gimana?

    ReplyDelete
  17. Service komputer Panggilan

    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
    bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
    Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
    Hub : 081294209696

    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    Http://www.mataharikomputer.com

    ReplyDelete
  18. Bisnis PULSA TANPA MENJUAL PULSA SANGAT MENGUNTUNGKAN
    dandapatkan websetPULSA GRATIS
    http://www.rajaxpulsa.com/

    ReplyDelete
  19. maturnuwon infone mas brow.....

    ReplyDelete
  20. maturnuwon infone mas brow.....

    ReplyDelete
  21. Service komputer Panggilan

    Kami melayani jasa service komputer panggilan
    Service komputer antar/jemput. bagi anda yang
    tidak punya waktu dan tidak ingin repot repot
    bawa ke reparasi komputer silahkan Hubungi
    Kami. jika bapak atau ibu sibuk cukup Hubungi
    Kami Maka Kami akan pergi ketempat anda
    Hub angga komputer


    Berkut ini adalah kerusakan yang biasa kami temui :

    Software :
    1 Install Ulang Windows (WinXp,Win7,Win8,Win10)
    2. Install Drivers (VGA,Sound,Printer dll)
    3. Install Games (Pes2014,Need for speed,dll)
    4. Install Software (autocad,Photoshop,Office,dll)
    5. Virus Cleaning (Trojan,Worm,Heal Data)
    6. Recovery DATA (Terformat,Terpartisi,Terdelete,dll)


    Hardware :
    1. Mati total
    2. Tidak Tampil
    3. Bunyi Bunyi
    4. BlueScreen
    5. Lemot
    6. Tidak Bisa Masuk Windows
    7. Sering Hang,Restart
    8. Installasi Lan/Wireless

    Silahkan Hubungi Kami
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    angga komputer

    ReplyDelete
  22. Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    Info lebih lanjut hubungi:
    No handphone : 085363402103
    PIN : 5C0C4F38

    ReplyDelete
  23. Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    Info lebih lanjut hubungi:
    No handphone : 085363402103
    PIN : 5C0C4F38

    ReplyDelete
  24. Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tike tpesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI HUBUNGI:
    No handphone : 082276603391
    PIN : 5364257d

    ReplyDelete
  25. Wah sekarang udah bisa nih berkat masnya. tinta printer nyetaknya udah jelas dan tajam. Makasih kak.

    ReplyDelete
  26. Baru beli selang beberapa hari tinta hitamnya tidak bisa kenapa,?? padahal tinta hitamnya masih banyak..
    printer saya pixma MP287
    Gimana nih solusinya?? mohon bantu !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti selang nya masuk angin
      Silahkan ikuti tutorial ini

      Delete
  27. bang kalo di gosok katriknya normal tapi hasilnya kosng gmana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu brti chip catrigh udh konslet dan catrigh udh gak bisa di perbaiki lagi

      Delete
  28. trimakasih...sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  29. mas apa kalo bongkar terhubung dengan harus listrik

    ReplyDelete